Bahaya Penggunaan Tusuk Gigi

07:23
Image result for gambar tusuk gigi

Apakah anda sering menggunakan tusuk gigi sehabis makan? Hati-hati lo, kalo keseringan atau udah kecanduan menggunakan tusuk gigi bisa berakibat fatal untuk kesehatan. Penggunaan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan yang nyangkut di sela-sela gigi memang lazim kita lihat. Di semua tempat makan pasti menyediakan tusuk gigi, karena memang sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat kita kalau habis makan pasti mencari tusuk gigi. Pertanyaannya adalah apakah menggunakan tusuk gigi untuk mengambil sisa makanan yang nyangkutdi gigi aman untuk kesehatan?

Untuk itulah saya akan membahas mengenai Bahaya Penggunaan Tusuk Gigi terhadap kesehatan kita, agar kita yang sudah keseringan atau kecanduan dengan tusuk gigi ini mulai berpikir untuk menghentikan kebiasaan ini. Berikut ini ulasannya :

1. Menyebabkan luka pada gusi. Penggunaan tusuk gigi secara berlebihan atau terlalu sering selain dapat merusak gigi juga dapat menyebakan luka pada gusi. Bila tidak segera ditangani bisa menyebabkan penyakit gusi atau biasa disebut dengan ireversible.

2. Menyebabkan terjadinya abrasi. Kebiasaan mencongkel sisa makan pada sela-sela gigi dapat menyebabkan terjadinya abrasi, yang lebih parah lagi akan terjadi pendarahan. Jika tidak segera ditangani dapat merusak seluruh sel pada gigi.

3. Menyebakan gigi menjadi longgar. Biasanya makan yang nyangkut setelah kita makan tempatnya dibagian gigi yang itu-itu saja. Kita pun akan terus menggunakan tusuk gigi pada bagian tersebut. Hal inilah yang dapat menyebabkan kerapatan gigi kita menjadi longgar, dan kalo sudah longgar justru makanan akan mudah nyangkut ke tempat tersebut.

4. Menyebabkan kerusakan enamel gigi. Enamel gigi adalah lapisan luar pada gigi yang dapat dilihat. Kebiasaan menggigit gigit tusuk gigi ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

5. Menyebabkan bau tidak sedap pada mulut. Sisa makanan yang nyangkut disela-sela gigi dan lama tidak terangkat lalu kita berhasil mengambilnya mengguakan tusuk gigi tentu hal ini akan menyebabkan bau tak sedap pada mulut kita. Bau ini berasal dari celah gigi yang lama dihuni sisa makanan yang berhasil diangkat menggunakan tusuk gigi.

Itulah beberapa Bahaya Penggunaan Tusuk Gigi yang sering kita lakukan, mudah-mudahan setelah kita mengetahui bahayanya minimal kita bisa meminimalisir kebiasaan menggunakan tusuk gigi. 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔